Tugas Latihan Soal Marketing Kelas X BDP
1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a. Measurable
b. subtantial
c. Accesible
d. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
b. subtantial
c. Accesible
d. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
3. Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi Pelanggan
b. Sensitifitas harga
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi tersebut berikan contohnya.
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi tersebut berikan contohnya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
a. Demografis
b. Geografis
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
======== Selamat Mengerjakan =========
jawaban :
1.) - Segmentasi pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok, atau segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda.
- Tujuan segmentasi pasar adalah untuk menghasilkan volume penjualan lebih tinggi, dengan melakukan pengelompokan konsumen adalah hal terbaik untuk mengetahui kebutuhan mereka.
- Tujuan segmentasi pasar adalah untuk menghasilkan volume penjualan lebih tinggi, dengan melakukan pengelompokan konsumen adalah hal terbaik untuk mengetahui kebutuhan mereka.
2.) A. Measurable (Terukur) Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan dalam segmen ini).
B. Substantial (Substansial) Sederhananya, tidak akan ada gunanya membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup besar, atau memiliki daya beli negatif.
C. Accessible (Dapat diakses) Ketika melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana audiens dapat mengakses informasi tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan departemen pemasaran perusahaan Anda.
D. Differentiable (Dapat dibedakan) Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal adalah heterogen.
3.) A. Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan makanan. Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
B. Sensitivitas harga – Di luar penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk. Misalnya, konsumen iphone yang membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu kelebihannya.
4.) A. Demografis – Demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, agama, dan etnis. Misalnya, produk asuransi untuk manula.
B. Geografis ( pasar dibagi menurut tempatnya)
5.) Segmentasi pasar : penggelompokan pasar menjadi berkelompok yang homogen dimana setiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar dituju dan
Analisa pasar : untuk membantu management mendefinisikan siapa aja yang akan mengrogoti pasar produknya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar